Rabu, 18 April 2012

JENIS-JENIS PENELITIAN SKRIPSI

Saat akan menulis skripsi penting bagi kita untuk mengetahui jenis penelitian apa yang nantinya akan kita pilih. Sebaiknya pemilihan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Berikut ini akan dijabarkan jenis-jenis penelitian dan kemampuan dasar apa yang harus dimiliki :

1. Penelitian Kualitatif
    Penelitian kualitatif merupakan riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Artinya kita dituntut untuk pandai-pandai melihat suatu kejadian dan menggunakannya sebagai data penelitian. Baik berupa wawancara, pengamatan secara menyeluruh maupun dengan kajian pustaka. Biasanya pada penelitian ini, objek penelitian akan diberikan metode/ kondisi tertentu sehingga mencapai tujuan tertentu. 
      Misalnya penelitian tentang "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Jigsaw". Berdasarkan judul tersebut kita dapat memperkirakan cara-cara apa saja yang akan kita gunakan untuk mengumpulkan data. Seperti mewawancarai siswa, pengamatan saat proses pembelajaran dan lain sebagainya. 
      Kemampuan dasar yang harus dimiliki saat melakukan penelitian ini yaitu mampu menuliskan setiap kejadian kedalam kata-kata, mengumpulkan bukti-bukti yang tepat sehingga akan meyakinkan pembacanya. Bila anda berminat memilih penelitian jenis ini, ada beberapa kendala yang sering dialami mahasiswa diantaranya yaitu cara pengambilan data yang kurang tepat, selain itu jumlah halaman untuk menulis skripsi cukup banyak karena setiap kejadian dituliskan menjadi kata-kata secara detail.  
       
2. Penelitian Kuantitatif
    Penelitian kuantitatif merupakan penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Berbeda dengan penelitian kualitatif, penelitian ini lebih mengedepankan kajian pustaka sebagai pemvalidasi data. Setiap kalimat yang dituliskan dalam skripsi ini tidak boleh berupa argumen dari penulis itu sendiri, melainkan pendapat dari ahli-ahli yang terdapat dalam buku. 
Teknik penelitian kuantitatif diantaranya :
    a. Survei
    b. Ekspo Facto
    c. Eksperimen
    Bila anda bermaksud menulis skripsi jenis ini harus banyak-banyak membaca buku yang relevan dengan judul yang anda bahas. Selain itu, kemampuan dalam mengolah data, angka-angka menggunakan rumus dan lain sebagainya. Meskipun begitu penelitian jenis ini lebih mudah dan cepat bila dibandingkan dengan penelitian lainnya. Karena data yang diperoleh berasal dari angket ataupun tes maka sudah ada ukuran kuantitatifnya (berupa angka). Anda tinggal memprosesnya menggunakan EXCEL, MINITAB, atau SPSS. 

3. Pengembangan
  Penelitian Pengembangan merupakan rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggungjawabkan. Produk tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware), seperti buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas atau di laboratorium, tetapi bisa juga perangkat lunak (software), seperti program komputer untuk pengolahan data, pembelajaran di kelas, perpustakaan atau laboratorium, ataupun model-model pendidikan, pembelajaran, pelatihan,bimbingan, evaluasi, sistem manajemen, dan lain-lain.





12 komentar: