Sabtu, 10 Mei 2014

Langka Awal Menyusun Skripsi


Sebelumnya selamat berpusing ria buat ade2 mahasiswa yg lg skripsi.. hehe


 

  Mata kuliah yg satu ini memang bikin snewen. Tapi sebetulnya klo kita sdh tau inti dr skripsi itu, pasti jd gampang. Untuk itu sy berikan rangkuman apa2 saja yg hrs dipikirkan sebelum menulis skripsi.

1. Jenis penelitian
    Ada 2 jenis penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Masing2 punya keuntungan. Penelitian kualitatif tidak begitu banyak hitungan namun memerlukan waktu penelitian yg cukup lama, bisa sekitar 2 mingguan. Sedangkan kuantitatif lebih banyak hitungan namun waktu penelitiannya sebentar, bs satu atau dua hari. Jadi dikira2 saja, mana yg bs mewakili diri kamu.

2. Judul skripsi
  Cara membedakan suatu skripsi kualitatif atau kuantitatif yaitu melihat kata awalnya. Jika perbandingan blablabla atau pengaruh blablabla sudah pasti itu penelitian kuantitatif. Sedangkan yang kualitatif menggunakan kata upaya blablabla.

Juga hrs yakin kalau materi yg kamu pilih mudah diakses dan kekinian. Karena di bab 2, kamu harus menyertakan kutipan yg kamu ambil dr buku2. Yaa bs dibayangkan kalau materimu cm dibahas sm buku2 jadul,  pasti sulit mencarinya.

3. Cara mengumpulkan data
apakah dengan angket, soal atau wawancara. Kalau bs sebelum mengajukan judul kepembimbing ada baiknya ini sudah kamu persiapkan (Contoh) angket atau apapun yg akan kamu gunakan. Sehingga apabila pembimbing bertanya, kamu sdh ada gambaran apa garis besar yg kamu lakukan nanti.

yuup segitu dulu.. silahkan browsing lebih dalam  soal jenis penelitian yg akan kamu pilih nantinya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar